image
6 Makanan yang Baiknya Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa

12 May 2020 2751 Viewed  cnnindonesia.com

Bulan Ramadan yang hadir di tengah pandemi Covid-19 membuat Anda harus cerdas mengatur asupan makanan agar tubuh tetap sehat. Beberapa jenis makanan akan lebih baik jika dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

Beberapa jenis makanan dan minuman ini terdiri dari karbohidrat olahan hingga ragam camilan berminyak. Alih-alih melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, konsumsi makanan ini justru akan memberikan efek negatif pada tubuh.

"Di bulan Ramadan, pola makan kita berubah secara drastis, karena kita hanya makan selama sahur dan berbuka puasa. Dengan demikian, kedua momen ini menjadi bagian penting untuk menjaga asupan tubuh selama bulan puasa," ujar ahli gizi, Rahma Ali, melansir Khaleej Times.

Sahur yang sehat, kata Ali, mampu menyediakan energi yang cukup untuk bertahan selama 13 jam. Penting juga untuk memerhatikan agar asupan makanan dan minuman membuat Anda tetap terhidrasi.

Selama sahur, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya protein, serat, serta kalsium dan vitamin.

Tak hanya sahur, momen berbuka puasa juga penting untuk menjaga asupan makanan. Ali menyarankan Anda untuk berbuka puasa dengan diet seimbang yang memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi. Buah yang kaya kalium, air mineral, kacang-kacangan, dan sayuran bisa menjadi teman terbaik waktu berbuka puasa Anda.

Sementara beberapa makanan disebut baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa, beberapa makanan lainnya justru akan lebih baik jika dihindari. Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur

1. Karbohidrat olahan
Makanan jenis ini hanya akan bertahan selama 3-4 jam. Setelahnya, Anda akan kembali merasa lapar dan kurang berenergi. Anda disarankan untuk menghindari konsumsi makanan olahan yang mengandung gula dan tepung seperti donat dan croissant.

2. Makanan asin
Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh membuat Anda akan merasa haus menerus saat berpuasa. Jadi, coba lah untuk menghindari banyak makanan asin seperti keripik.

3. Minuman berkafein
Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Selain itu, kopi juga membuat Anda kurang terhidrasi sehingga rasa haus akan terus terasa selama 13 jam berpuasa.

Makanan yang Harus Dihindari saat Berbuka Puasa

1. Minuman berkarbonasi
Hindari minuman berkarbonasi saat berbuka puasa. Minuman jenis ini dapat menimbulkan rasa kembung pada perut dan meningkatkan produksi asam lambung, apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong.

Daripada minuman berkarbonasi, Anda disarankan untuk mengonsumsi air mineral atau air kelapa untuk melegakan dahaga.

2. Makanan tinggi gula
Makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga perlu dihindari. Makanan manis menjadi sumber kenaikan berat badan dan pemicu berbagai penyakit jika dikonsumsi setiap hari.

3. Makanan yang digoreng atau berminyak
Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang digoreng atau makanan minyak. Makanan berminyak mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238