image
Arab Saudi Umumkan Idul Fitri Dilaksanakan pada Hari Minggu

23 May 2020 2760 Viewed  kompas.com

Hari raya umat Islam sedunia, Idul Fitri, menandai akhir dari puasa pada bulan Ramadhan.

Dilansir media Perancis AFP, di Arab Saudi, hari raya itu akan dimulai pada Minggu (24/5/2020), berdasarkan laporan kerajaan Arab Saudi.

"Hari Sabtu merupakan hari terakhir dari bulan suci Ramadhan, Idul Fitri akan berlangsung pada Minggu," ungkap pengadilan kerajaan dan Mahkamah Agung, seperti dikutip kantor berita negara Arab Saudi.

Otoritas agama di Yerusalem, Mesir, Yordania, Suriah, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Libya dan Libanon juga mengumumkan bahwa Idul Fitri akan berlangsung pada Minggu.

Penentuan waktu Idul Fitri ditentukan oleh posisi bulan, berdasarkan penanggalan kalender umat Islam, yaitu Hijriah.

Hari raya Idul Fitri biasanya dirayakan dengan berkumpulnya keluarga. Namun, mayoritas negara-negara Muslim di dunia telah meminta warga mereka untuk membatasi pergerakan dan pertemuan langsung selama perayaan Idul Fitri di tengah pandemi virus corona.

Arab Saudi, misalnya, pusat situs Islam telah memberlakukan perbatasan penuh kembali khusus selama Idul Fitri setelah sebelumnya mengangkat beberapa peraturan ketat atas wabah virus corona selama bulan Ramadhan.

Kerajaan Arab Saudi adalah yang paling terdampak di kawasan Teluk berdasarkan data yang diumumkan dengan kasus infeksi virus corona lebih dari 67.000 dan kematian sebanyak 364 orang.

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238