image
Ini 3 Menu Makan Jokowi yang Juga Murah Meriah, Gimana Prosedurnya supaya Layak Makan?

25 February 2017 4275 Viewed


Ibu negara Iriana Joko Widodo, menjamu Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase KK) di kediamannya, Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/2/2017) siang.

Di acara tersebut, Iriana menyajikan menu makanan yang spesial yakni Sate Kere. Sate Kere adalah ampas tahu yang difermentasikan hingga menjadi tempe. Makanan khas Solo ini biasanya disajikan dengan sate tetelan dan disiram bumbu kacang mirip sambal pecel. Rupanya, makanan ini adalah menu favorit keluarga Presiden Joko Widodo. "Ini menu spesial, Mas," ujar Tugiyem, peracik sate kere kepada Kompas.com. Tugiyem juga mengungkapkan keluarga Jokowi sudah berlangganan menu ini sejak putra sulung mereka, Gibran Rakabuming, masih kecil.

"Bukan hanya pas sudah besar, langganannya sejak (Gibran) kecil itu," lanjut Tugiyem.

"Meskipun namanya sate kere, tapi sering dimakan sama pejabat-pejabat. Sama bos-bos," tambahnya. Tak hanya Sate Kere, Presiden Jokowi juga memiliki menu makanan favorit lain yang tak kalah enak serta terjangkau.

Apa aja ya Kawan Medan?? Ini dia ulasannya.

1. Bakso

Awal Februari lalu, Presiden Jokowi mengunjungi Maluku untuk menghadiri peringatan Hari Pers Nasional. Di sela-sela aktivitas tersebut, Jokowi dan rombongan menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke Mal Ambon City Center. Tak hanya itu, Jokowi pun mampir di salah satu warung untuk makan malam. Menu yang dipilih Jokowi waktu itu adalah bakso dan es teh. Harga seporsi bakso di warung waralaba tersebut sekitar Rp 20 ribuan hingga Rp 30 ribuan.

2. Sea food

Desember lalu, Presiden Jokowi sempat mengunjungi Desa Tani Bhakti, Dome Balikpapan, dan Lapangan Lanud Balikpapan dalam kunjungan kerjanya di Balikpapan. Di kesempatan itu, Jokowi memilih menyantap makanan laut di Rumah Makan Modern Biru Laut. Dikutip dari Tribun Kaltim, Alex Saputra, manajer rumah makan tersebut mengungkapkan, pihaknya menyajikan kepiting asap, ayam bawang, kerapu steam, udang Tiger bakar, udang telur asin, cumi goreng tepung, ikan baronang bakar, sayuran sapo tahu, kangkung terasi, tempe goreng, dan toge ikan asin.

"Semua dicicip oleh Pak Jokowi. Rasanya senang sekali melihat beliau makan dengan nyaman dan senang," katanya. Saat ditanya harga seluruh hidangan yang disajikan, pihaknya mengaku dibanding dengan restoran atau rumah makan lainnya di Balikpapan, RM Modern Biru Laut relatif jauh lebih murah.

"Kalau dihitung-hitung sekitar Rp 800 ribuan lah semuanya tadi," tuturnya.

3. Kacang ting-ting, keripik tempe

Seorang presiden memiliki pesawat khusus yang akan mengantarkannya dari satu tempat ke tempat lain. Pesawat itu dilengkapi dengan persediaan makanan favorit khusus untuk sang presiden. Makanan tersebut juga ditempatkan dalam kotak khusus yang terkunci rapat. Lalu, apa menu Jokowi dalam kotak tersebut?

KompasTravel saat mengunjungi penyedia jasa katering penerbangan domestik maupun internasional terbesar di Indonesia, Aerofood ACS yang berlokasi di kompleks Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Rabu (30/11/2016) melihat rak bahan makanan khusus untuk perjalanan udara RI 1.

"Itu rak khusus untuk RI1. Di dalamnya ada makanan-makanan kesukaan presiden," kata Head Marketing Communication Aereofood ACS, Wulandari. Hal yang lucu, meski perlakuan makanan terbilang istimewa, sebenarnya sama sekali tak ada makanan bermerek mahal di dalam kerangkeng tersebut. Isinya jutru terbilang tradisional dan murah-meriah.

"Pak Jokowi itu favoritnya kacang ting-ting, keripik tempe, sama teh cap botol," kata Wulandari. Sisanya, dari jangkauan penglihatan KompasTravel ada serbuk jahe hangat, madu sachet, biskuit, dan saus tomat. Namun tetap saja, karena makanan akan disajikan untuk presiden, penyajian makanan harus melalui proses khusus.

"Dilakukan uji lab oleh ACS, nanti hasilnya dilihat oleh Paspampers dan dicicip juga oleh Paspampers, baru disajikan," kata Wulandari.

 


Nah itu dia Kawan Medan 3 makanan yang murah dan meriah ala Pak Jokowi. Mantapppp


http://medan.tribunnews.com/2017/02/25/ini-3-menu-makan-jokowi-yang-juga-murah-meriah-gimana-prosedurnya-supaya-layak-makanhttp://medan.tribunnews.com/2017/02/25/ini-3-menu-makan-jokowi-yang-juga-murah-meriah-gimana-prosedurnya-supaya-layak-makan

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238