image
6 Jurus Hemat Uang Saat Beli BBM

23 February 2017 2634 Viewed


Salah satu hal yang sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang adalah bahan bakar minyak (BBM). Tak ayal, kebutuhan untuk membeli BBM ini pun menggerus pendapatan yang diterima orang tiap bulannya.

Walau telah menjadi salah satu kebutuhan pokok, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang untuk menggunakan BBM. Seperti dilaporkan Moneycrasher.com, Rabu (22/2/2017), berikut ulasannya:

1. Perhatikan cara mengemudi

Cara mengemudi kamu mempengaruhi habisnya BBM kendaraan. Jika kamu berkendara dengan santai dan tidak kebut-kebutan maka BBM pun akan lebih awet. Dengan begini kamu bisa menghemat uang lebih banyak dalam membeli bahan bakar.


2. Isi dengan BBM yang berkualitas

Kualitas BBM yang dipakai juga mempengaruhi boros tidaknya kendaraan. Jika kamu terlalu sering menggunakan BBM berkualitas rendah, maka BBM tersebut pun akan cepat habis.

Sebaliknya, jika BBM yang digunakan merupakan BBM berkualitas baik, maka kendaraan bisa lebih mengirit penggunaan bahan bakar.


3. Hindari menyalakan mobil dalam posisi berhenti di waktu yang lama

Jika kamu berhenti selama lebih dari satu menit, mematikan mesin akan menghemat bahan bakar kendaraan. Selain itu untuk mobil baru hanya perlu dipanaskan selama beberapa detik saja sebelum pemakaian.


4. Isi BBM di pagi hari

Semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Diyakini bahwa semakin dingin tanahnya maka semakin padat atau kental bahan bakarnya. Sementara jika temperatur mulai hangat atau bahkan panas, maka bahan bakarnya akan mengembang.

Jadi, disarankan untuk mengisi bahan bakar minyak saat hari masih pagi ketika temperatur tanah masih dingin sehingga bahan bakar tidak menguap.


5. Hindari mengisi BBM di tol

Apabila kamu berkendara jarak jauh, pastikan untuk mengisi tanki BBM secara penuh sebelum melakukan perjalanan. Biasanya, jika kamu harus mengisi tanki bahan bakar di tol, maka harga yang ditawarkan menjadi lebih besar.


6. Isi BBM saat tangki masih setengah penuh

Disarankan untuk mengisi bahan bakar saat tangki masih setengah penuh. Hal ini dilakukan karena semakin banyak bahan bakar yang ada di dalam tangki maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tangki yang kosong. Dengan begini kamu bisa lebih berhemat karena BBM tersebut tidak cepat menguap.



Nah Kawan Medan, tips ini kayaknya wajib kamu ikutin deh. Apalagi sekarang harga BBM uda naik tuh, jadi kamu bisa lebih hemat kan. hehehe

http://bisnis.liputan6.com/read/2864022/6-jurus-hemat-uang-saat-beli-bbm?utm_source=FB&utm_medium=Post&utm_campaign=FBbisnis_ctw

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238