image
10 Penemuan Yang Mengubah Dunia

10 February 2017 8577 Viewed  http://www.top10magz.com/10-penemuan-yang-mengubah-dunia/

Kawan Medan, Awalnya penemuan berasal dari berpikir dan merenung serta ditekuni dengan penelitian dan percobaan hingga menghasilkan sebuah temuan, dapat mengubah seluruh dunia. Ada beberapa yang masih duduk dan menulis surat untuk berhubungan dengan teman, sementara lainnya telah berkomunikasi dengan teman di seluruh penjuru dunia dengan jentikan jari-jari yang menari di atas keyboard komputer melalui internet dan jejaring sosial. Tak hanya itu saja, masih ada juga beberapa penemuan lainnya yang berdampak sangat besar dalam kehidupan manusia. Apa saja? Selengkapnya dalam 10 Penemuan yang Mengubah Dunia.

10. Roda


Roda adalah obyek berbentuk lingkaran dengan sumbu dan dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil secara bergulir. Roda juga merupakan penemuan yang dianggap pembuka jalan bagi semua inovasi lain di sepanjang sejarah. Hal ini begitu lama diketahui hingga tak diketahui siapa yang menciptakannya pertama kali. Namun telah ditemukan roda tertua di bumi ini yang diperkirakan telah berusia lebih dari 5 ribu tahun. Pada mulanya, roda digunakan untuk transportasi yang lebih efisien dan lebih cepat. Bahkan kini, roda adalah salah satu hal utama dimana penemuan-penemuan lain dikembangkan.

9. Jam 


Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan magnet bumi secara akurat. Arah mata angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur dan barat. Apabila digunakan dengan jam san sekstan, maka hasilnya akan lebih akurat. Kompas telah digunakan sejak abad ke 14 dan masih merupakan sistem navigasi bagi para penjelajah. Meskipun kini navigasi lebih mudah dengan menggunakan satelit yang datang dari luar angkasa dan bisa diakses melalui ponsel dalam genggaman anda, namun jangan lupakan bahwa kompas telah memiliki jasa besar dalam sejarah kehidupan manusia. Banyak peneliti dan penjelajah mencapai tujuan yang direncanakan mereka dan mencatat sejarah dari perjalanan tersebut berkat kompas. Inovasi ini adalah salah satu inovasi yang memicu Age of Discovery dan juga memungkinkan populasi berinteraksi yang sebelumnya terisolasi di seluruh penjuru dunia.

8. Mesin Percetakan

Sejak abad ke 11, sudah ada ide-ide dari percetakan di seluruh dunia. Namun baru disadari tentang pentingnya ide ini oleh Johann Gutenberg dimana ia pula yang mempopulerkannya. Ia melakukan penemuan ini pada tahun 1430-an dengan memikirkan beberapa ide lain untuk menyempurnakan ide ini. Seperti membuat logam karena membuat cetakan lebih tahan lama daripada surat kayu yang diukir tangan yang masih digunakan pada saat itu. Ia juga menjadi terkenal karena kemajuan dalam penggunaan tinta dan kertas produksi. Hingga saat ini, mesin cetak memiliki dampak yang luar biasa dimana ide-ide, surat penting dan karya lainnya bermediakan buku dari mesin cetak ini. Informasi dapat direkam dan disebar ke seluruh dunia lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini juga membuat buku lebih terjangkau bagi masyarakat kelas menengah.

7. Telepon


Adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara dan beroperasi melalui transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon. Telepon juga dianggap sebagai salah satu inovasi paling berguna di dunia. Hal ini memudahkan orang dalam berkomunikasi dengan orang lain meski terpisah oleh jarak yang jauh. Setelah Alexander Graham Bell menemukan alat ini, hanya sedikit orang yang mampu memilikinya. Namun setelah diproduksi massal, banyak orang mulai menggunakanannya karena harganya yang lebih terjangkau. Hingga saat ini, banyak inovasi telah dikembangkan dari telepon hingga tak perlu heran lagi jika tiap orang membawa ponsel dalam genggamannya.

6. Mesin Uap




Adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara dan beroperasi melalui transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon. Telepon juga dianggap sebagai salah satu inovasi paling berguna di dunia. Hal ini memudahkan orang dalam berkomunikasi dengan orang lain meski terpisah oleh jarak yang jauh. Setelah Alexander Graham Bell menemukan alat ini, hanya sedikit orang yang mampu memilikinya. Namun setelah diproduksi massal, banyak orang mulai menggunakanannya karena harganya yang lebih terjangkau. Hingga saat ini, banyak inovasi telah dikembangkan dari telepon hingga tak perlu heran lagi jika tiap orang membawa ponsel dalam genggamannya.

5.  Antibiotik



Tak ada satu pun metode transportasi yang ada di dunia ini yang mampu anda lihat tanpa mesin uap. Mesin uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Mesin uap dulu digunakan sebagai pompa lokomotif dan kapal laut yang menjadikannya  sangat penting dalam peran Revolusi Industri. Tak akan ada supermarket, sejumlah makanan dan minuman serta pakaian terproduksi jika tak ada mesin uap. Sebelum adanya mesin ini, semuanya dibuat secara manual dengan tangan. Setelah inovasi ini, pabrik-pabrik besar mulai dibangun untuk kepentingan industri dan produksi yang berkembang dan berdampak sangat besar dalam sejarah kehidupan manusia.

4. Mobil



Dalam dunia medis, antibiotik adalah sebuah langkah besar yang mampu menyelamatkan banyak nyawa dan pencegahan pertumbuhan bakteri berbahaya. Pada tahun 1920-an, Alexander Fleming menjadi terkenal karena penemuan penisilinnya. Ia melakukan ini secara tidak sengaja namun setelah mengakui apa yang dilakukannya, antibiotik menyebar sangat cepat ke seluruh dunia. Antibiotik sangat terkenal dan hampir digunakan setiap saat demi melawan berbagai bentuk infeksi.

3.  Listrik


Jika ada satu hari saja yang membuat orang di dunia tak berkutik tanpanya, adalah listrik. Hal ini tak perlu diragukan lagi, karena listrik adalah salah satu hal paling penting yang menandai kemajuan suatu era. Bayangkan jika hidup tanpa listrik, tak ada tv, tak ada komunikasi, komputer, industri mati dan banyak hal-hal buruk lainnya akan terjadi jika listrik tak ada.

2. Komputer



Adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer sendiri digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu. Dengan kemajuan alat elektronik dan semi konduktor, komputer mulai berkembang. Sebagian besar penduduk dunia menghabiskan waktunya di depan komputer, baik untuk tujuan hiburan atau pekerjaan. Beberapa profesi bahkan bergaji tinggi dengan hanya mengandalkan beberapa program komputer dan pengetahuan dari perangkat keras dan perangkat lunaknya.

1. Internet



Nah, siapa tak kenal internet? Hal yang satu ini memang tidak terlihat, namun mampu menghubungkan siapa saja menuju mana saja yang diinginkannya di dunia ini. Seluruh dunia dan penduduk bumi ini hidup bergantung dan mengandalkan internet dimana semua informasi, peran bisnis, ekonomi, politik, seni, hiburan, komunikasi dan lain sebagainya bisa diperoleh.

Gimana nih Kawan Medan,   setuju gak? Dengan ke sepuluh penemuan di atas bila digolongkan sebagai penemuan yang mengubah dunia? Tentu saja hal tersebut tidak serta merta diperoleh dan muncul begitu saja. Semua berawal dari imajinasi dan pemikiran-pemikiran yang ditindaklanjuti dengan penelitian serta percobaan berulang-ulang hingga menjadi suatu inovasi yang sempurna.


http://www.top10magz.com/10-penemuan-yang-mengubah-dunia/

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238